Rabu, 01 Januari 2014

Kondisi Geografis

| 00.15.00 |
Instansi KPPN Ruteng berada dalam wilayah Kabupaten Manggarai dan letaknya di perbukitan Gunung Ranaka dengan ketinggian sekitar 1200 – 1500 meter dari permukaan laut. Curah hujan sangat tinggi dan berlangsung hampir sepanjang tahun. Daerah ini berhawa sejuk dengan suhu iklim cuaca sekitar 15 derajat sampai dengan 24,7 derajat celcius sesuai data Badan Pusat Statistik Kabupaten Manggarai Tahun 2008. Permukaan tanah hampir sebagian besar tidak datar karena berada pada lereng Gunung Ranaka. Pada bulan-bulan tertentu hampir setiap hari kota Ruteng dikelilingi kabut tebal, sehingga penerbangan dari dan ke kota Ruteng tidak ada sama sekali karena jarak pandang sangat terbatas. Angin kencang hampir setiap hari berlangsung di kota ini.

Akses untuk menuju kota Ruteng sebagai Ibukota Manggarai dan tempat KPPN Ruteng berdomisili dapat dilalui dengan transportasi udara dan melalui jalan darat. Perjalanan dengan transpotasi udara ke Ruteng hanya dapat dilakukan dari Kupang dan Denpasar dengan pesawat udara jenis Fokker-50. Lama penerbangan sekitas 60 menit sampai dengan 75 menit. Biasannya penerbangan dari Bandara El Tari Kupang sekitar jam 06.00 pagi hari dan sampai di Bandara Frans Sales Lega Ruteng sekitar pukul 07.00 WITA atau pukul 07.15 WITA. Selanjutnya penerbangan dari Ruteng kembali ke Kupang baik langsung maupun transit via Ende biasanya sekitar pukul 08.00 atau pukul 08.15 WITA. Jika tidak ada penerbangan dari Kupang langsung ke Ruteng, biasanya untuk menempuh Ruteng dari Kupang dapat dilakukan penerbangan dari Kupang langsung menuju Labuan Bajo dengan pesawat udara dan dari Labuan Bajo ke Ruteng dengan jalan darat.

Bandar Udara Labuan Bajo

Begitu juga akses untuk menuju kota Ruteng dari Surabaya dan Denpasar selain Kupang dapat dilakukan dengan trasportasi udara melalui Bandara Komodo di Labuan Bajo dan selanjutnya dari Labuan Bajo sebagai ibukota Manggarai Barat menuju Ruteng dapat dilakukan dengan transportasi darat. Transpotasi darat yang tersedia dari Labuan Bajo ke Ruteng adalah bus umum, taksi, angkutan carteran dan bus travel. Jarak tempuh dari Labuan Bajo ke Ruteng sekitar 135 km dan dapat dilalui sekitar 4 jam lama perjalanan jika cuaca baik. Apabila cuaca kurang bersahabat dan kondisi ini biasanya ketika musim hujan atau terjadi kabut tebal hampir di sepanjang perjalanan, maka lama perjalanan ke Ruteng dapat ditempuh sekitar 6 jam.


Infrastruktur jalan hampir seluruhnya telah beraspal hotmix dengan badan jalan agak sempit, namun saat ini sudah mulai berlubang dan berada hampir seluruhnya di perbukitan daratan Pulau Flores bagian barat. Keadaan badan jalan di sisi kiri adalah perbukitan yang rawan longsor dan di sisi kanan adalah jurang yang rawan longsor pula. Di sepanjang jalan terdapat hutan-hutan alami, perkebunan rakyat dan daerah pertanian rakyat serta perkampungan penduduk setempat. Jalan pada umumnya berbelok-belok mengikuti permukaan tanah perbukitan dan hanya sebagain kecil saja jalan yang lurus dan datar. Jika anda mengendarai motor atau mobil dari Labuan Bajo menuju Ruteng atau sbaliknya harus dalam kondisi fit dan selalu waspada untuk menghindari kecelakaan.

Jalan Trans Flores, Ruteng - Labuan Bajo

Selanjutnya perjalanan dari Kupang ke Ruteng dapat juga di tempuh dengan transportasi udara melalui Bandar Udara Soa Bajawa Kabupaten Ngada dan dari Bajawa ditempuh dengan transportasi darat. Adapun jenis angkutan yang tersedia adalah bus umum, taksi, angkutan carteran dan bus travel. Jauh perjalanan darat dari Bajawa ke Ruteng sekitar 128 km dengan lama waktu perjalanan sekitar 3 jam apabila kondisi cuaca baik. Jika cuaca kurang baik karena perjalanan di musim hujan dan berkabut, maka perjalanan dari Bajawa ke Ruteng atau sebaliknya dapat ditempuh sekitar 4 jam atau 5 jam lamanya. Kondisi jalan dan badan jalan hampir sama kedaannya dengan kondisi jalan dari Labuan Bajo ke Ruteng karena masih berada di perbukitan Pulau Flores bagian tengah.
Back to Top